• Latest News

    Minggu, 18 Februari 2018

    Pendalaman Aksi Puasa Pembangunan 2018

    Seperti biasa, ketika umat Katolik memasuki masa Prapaska atau lebih dikenal dengan masa pantang dan puasa, ada satu kegiatan rohani yang rutin dilakukan yakni mendalami secara bersama dalam kelompok Tema Aksi Puasa Pembangunan. Tema APP ditentukan secara nasional oleh Komisi Keteketik KWI, kemudian dijabarkan oleh Komisi Keteketik Keuskupan setempat untuk menyesuaikan dengan situasi Gereja setempat.

    Tema APP 2017-2019 merupakan tema umum yang didalami selama tiga tahun berturut-turut. Tema umum tersebut adalah Penghormatan dan Penghargaan Keutuhan Ciptaan demi Kesehatan Hidup Bersama. Tema ini merupakan kelanjutan dari tema APP 2012-2016, Mewujudkan Hidup Sejahtera. Tema-tema ini merupakan satu kesatuan yang tidak boleh terputus pemahamannya. Artinya, konteks umumnya tetap diingatkan agar pemahaman setiap tahunnya tidak terpisah dan berdiri sendiri.

    Tema APP 2017-2019 diuraikan dalam tiga Sub-Tema Umum yakni:

    • Tahun 2017: Keluarga Berwawasan Ekologis
    • Tahun 2018: Membangun Solidaritas Sosial (Kesetiakawanan Sosial) demi Keutuhan Ciptaan
    • Tahun 2019: Literasi Teknologi dan Keutuhan Ciptaan.
    Tahun 2018, Membangun Solidaritas Sosial demi Keutuhan Ciptaan merupakan Sub-Tema Umum kedua dari Tema Umum 2017-2019. Karenanya, sangat baik dan tepat bila Tim Pastoral yang menjadi fasilitator Pendalaman APP mengingatkan kembali tentang tema tahun lalu, yakni Keluarga Berwawasan Ekologis supaya ada kesinambungan pemahaman dengan tema tahun ini.

    Tema APP 2018, dibagi lagi dalam 4 tema kecil yang merupakan tema setiap kali pertemuan selama masa prapaska. Tema-tema tersebut adalah:
    1. Kasih Allah dalam Keutuhan Ciptaan
    2. Manusia Mitra Kasih Allah
    3. Kegagalan Manusia Menjadi Mitra Allah
    4. Aksi Solidaritas Sosial
    Tema-tema ini akan dituliskan secara terpisah dalam artikel KAIROS selama masa prapaska 2018. Semoga pendalaman APP ini memberi  pengetahuan iman baru dan memperkuat keyakinan kita semua pada Keutuhan Ciptaan yang ada di dunia ini. (fh)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Pendalaman Aksi Puasa Pembangunan 2018 Rating: 5 Reviewed By: Fidelis Harefa
    Scroll to Top